ABSTRAK
Pengaruh Penerapan Bedside Teaching Terhadap Perubahan Perilaku Profesional
Dalam Pemasangan Infus Pada Mahasiswa Program Reguler
Jurusan Keperawatan Poltekkes Ternate
Penelitian Quasy Experiment di RSUD H. Chasan Boesoeiri Ternate
TAHUN 2005
Oleh : Ahmad Nur Khoiri
Perilaku profsional adalah merupakan perbuatan manusia yang tidak terjadi secara sporadis (hilang dan timbul), tetapi selalu ada kelangsungan kontinuitas antara perbuatan yang satu dengan perbuatan berikutnya. Pengalam belajar klinik merupakan upaya untuk peserta didik menerapkan ilmu yang dipelajari dikelas ke keadaan nyata guna mendapat pengalaman nyata untuk mencapai kemampuan profesional (kognitif, afektif dan psikomotor). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan Bedside Teaching terhadap perubahan perilaku profesional (kognitif, afektif, dan psikomotor) dalam pemasangan infus pada mahasiswa.
Desain penelitian ini menggunakan Quasy Experiment. Populasinya adalah mahasiswa program regular jurusan Keperawatan Poltekkes Ternate yang berjumlah 22 responden ( 11 kelompok perlakuan dan sisanya kelompok kontrol ). Variabel independen adalah Penerapan Bedside Teaching, variabel dependen adalah Perubahan perilaku profesional dalam pemasangan infus pada mahasiswa program regulaer jurusan keperawatan Poltekkes Ternate. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi serta dengan uji statistik Mann Whitney Test dengan signifikan < 0.005.
Hasil penelitian ini didapatkan adanya pengaruh yang sangat kuat antara penerapan Bedside Teaching terhadap perilaku profesional mahasiswa sebagai berikut ; pengaruh penerapan bedside Teaching tehadap kemampuan kognitif dengan nilai p = 0.000, pengaruh penerapan Bedside Teaching terhadap kemampuan afektif dengan nilai p = 0.000 dan pengaruh penerapan Bedside Teaching terhadap kemampuan psikomotor juga dengan nilai p = 0.000
Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi intitusi Poltekes Ternate agar tetap selalu meningkatkan kualitas pendidikan terutama dalam bimbingan klinik pada mahasiswa dengan melalui pelatihan – pelatihan CI, penyatuhan pertsepsi antara CI ruangan dengan CI Akademik, dan menerapkan metode bimbingan klinik yang baik dan benar sesuai tujuan dan karaketristik mahasiswa, terutama penerapan metode Bedside Teaching pada mahasiswa langsung disamping pasien.
Kata kunci Penerapan Bedside Teaching, perilaku profesional.
Full Teks >>>
Download Now
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih atas kunjungan agan-agan di webblog ini. Bila ada masalah download, segera laporkan secara terperinci dan juga bila ada unek2 yang mau ditanyakan silahkan berkomentar dengan baik. Semua koment akan dibalas sesegara mungkin selama pulsa ane buat OL masih ada. "UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN, SEBGAI BLOGGER DIHARAPKAN JANGAN MENGHAPUS KOMENT SENDIRI YANG SUDAH ADA, JIKA TIDAK KOMIT DENGAN INI...PERTANYAAN BERIKUTNYA TIDAK AKAN DILAYANI.