Kumpulan Skripsi S1 Keperawatan: Trik Buat Judul Skripsi
Sebelum anda melakukan download full teks terhadap semua skripsi dalam webblog ini maka sebaiknya anda membaca PRIVACI/WARNING dari kami

New* Proposal Lelang Rp. 500 Rb (Nego)>>> "Hubungan Penggunaagn Kontrasepsi PIL KB Hormonal dengan Libido pada Wanita Usia Subur" >>> Selengkapnya DISINI

New* Proposal lelang Rp. 500 Rb (Nego). >>> Hubungan Kafein Yang Terkandung Dalam Kopi Atau Teh Dengan Tingkat Kesuburan Pada Wanita Dari Pasangan Usia Produktif. read more ......

C A U T I O N !!!
Untuk membaca setiap url postingan dalam webblog ini, agan-agan akan di arahkan ke url adf.ly.com selama 5 detik, dan untuk melanjutkan membaca artikelnya maka tinggal klik "SKIP AD" yang berada pada pojok kanan atas dan agan akan diarahkan langsung ke url postingan yang mau dituju.

Hai rekan-rekan sekalian yang lagi sementara menyusun sebuah skripsi dan bagi mereka yang mencari literature buat makalah atau apapun itu yang menyebabkan hal ini menjadi kebutuhan anda, disini kami mencoba memberikan sebuah refensi yang bisa mendukung kegiatan anda tersebut. Harapan kami adalah kebutuhan akan sebuah referensi anda bisa temukan disini. Kami hadir hanyalah semata untuk berbagi ilmu, sebab kami sadari bahwa ilmu hanya bisa berguna bila bisa bermanfaat bagi khalayak namun kamipun tidak mendukung kegiatan plagiat dan olehnya itu bila anda melakukan hal tersebut maka konsekuensi dan tanggung jawab moral tentunya juga berada ditangan anda.

Kesalahan terbanyak yang paling banyak dilakukan oleh rekan-rekan ketika mencari sebuah referensi adalah ketika telah menemukan referensi yang dicarinya, maka tidak segan-segan melakukan kegiatan plagiat (mengkopi seluruh isi pustaka/buku) tanpa sudi membahasakan dalam bentuk bahasa dan pemahaman yang ditangkapnya dari referensi tersebut. Oleh itu kami sekali lagi tidak mendukung kegiatan tersebut

Dan kunci sukses dalam menyelesaikan sebuah skripsi adalah kerja keras. Tanpa kerja keras hasil yang anda peroleh pun juga nol. Mau atau tidak, hanya merekalah yang gemar bekerja akan mendapat hasil.

Rekan-rekan sekalian, disinipun kami tidak hanya sekedar memberikan referensi buat anda namun kamipun akan berusaha membantu anda dalam menyelesaikan skripsi, kami pun berharap mudah-mudahan pengunjung blog ini adalah mereka yang mau belajar dan bekerja.

Selasa, 25 September 2012

Trik Buat Judul Skripsi

Berikut ini adalah sesi lanjutan dari pembahasan yang pernah saya bahas tentang bagaimana cara membuat skripsi dan membuat judul dengan mudah. Namun pembahasan kali ini sedikit berbeda karena saya akan langsung mengupas dalam bentuk contoh kongkritnya, dan dengan demikian mudah untuk dipahami (mudah-mudahan ga jelimet).

Sebelum masuk kesesi tersebut, disini saya share bahwa dalam membuat judul skripsi maka hal-hal yang harus diperhatikan adalah ;
  1. Jangan membuat judul skripsi terlau bersifat umum ; hal ini dikarena, agan akan sulit menentukan arah penelitian dalam hal ini variabel yang diteliti, objek yang diteliti, dan karakternya akan terlalu banyak dan hal inilah yang akan membuat kerancuan dan penelitian justru jadi buntu.
  2. Tidak pula judul peneltian harus bersifat sangat khusus, karena akan membuat penelitian tidak bisa mewakili keadaan dalam hal ini baik tempat, objek, variabel dll sehingga penelitian menjadi tidak akurat.
  3. Judul akan lebih bagus bila berada diantar pasal 1 dan 2 diatas, dan diangkat berdasarkan issu, tren atau persoalan yang tengah ada.
Ok. Biar ga tambah bengong berikut adalah contoh judul yang sudah pernah diteliti dan kita akan bahas tentang bagaimana cara membuatnya ;


Dari contoh judul diatas adala termasuk judul penelitian yang tidak terlalu umum dan tidak juga terlalu spesifik. Bagaimana cara mengetahuinya. ?

Pertama ; FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MEROKOK, merupakan aspek penelitian yang menginginkan penelitian terhadap "Perilaku" dalam hal ini kegiatan "merokok"

Kedua ; PADA REMAJA, dalam hal ini adalah merupakan objek dari "perilaku merokok" yang hanya ditargatekan pada anak remaja saja. Jangan berpikir bahwa disekolah memang tempatnya remaja, n so pasti disana pastinya remaja, masa kakek-kakek. Bushet, sekali lagi jangan berpikir demikian, karena disana ada guru, staff admin, juru kunci sekolah, pengelolah kafetaria sekolah yang bukan remaja. Agan harus memperhatikan keterkaitan objek dan tempatnya. (lihat dibawah)

Ketiga ; DI SMA KRISTEN ELIM, dalam hal ini bertindak sebagai "tempat" dari "objek" melakukan "perilaku merokok"

dan Keempat ; MAKASSAR TAHUN 2008, bertindak sebagai tempat (wilayah penelitian) dan waktu penelitian.

Dan perhatikan perbedaan sampel berikut ini dengan yang diatas 

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MEROKOK DI SMA KRISTEN ELIM MAKASSAR TAHUN 2008
Judul seperti ini terlalu bersifat umum karena sampel objeknya sangat banyak dimana disana ada remaja, guru, staff admin, juru kunci, pengelolah kafe dan jika dikawin silangkan dengan variabel yang berkenaan dengan "perilaku" dalam hal ini "variabel perilaku merokok" maka akan terjadi perbedaan antara "perilaku merokok guru vs remaj", "perilaku merokok staff vs staff admin", "perilaku merokok remaja vs staff admin", dst diamana agan diahruskan mencari variabel yang banyak, 
contoh ; perilaku merokok guru cendurung karena merokok karena sudah biasa terpengaruh dengan nikotin dan punya kemampuan membeli, sedangkan perilaku remaja akan cenderung karena coba-coba dan tidak punya modal buat ngerokok alias sumitro (suka minta rokok) 

Kemudian banding lagi dengan yang dibawah ini
FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PADA REMAJA DI SMA KRISTEN ELIM MAKASSAR TAHUN 2008
Judul seperti ini akan lebih parah lagi bila mau diteliti, kenapa ? Oh man, perilaku manusia itu banyak walau dibatasi usianya dengan mengambil sampel pada remaja sehingga timbul pertanyaan perilaku yang bagaimana, perilaku seperti apa yang mau diteliti pada remaja disekolah tersebut ? perilaku cara belajarnya kah, perilaku hidup sehatnya kah, perilaku seks menyimpangnya kah, perilaku kriminalnya kah dst. Dan setelah itu apa kaitannya dengan kesehatan ? Judul seperti ini parah gan...kalo ane jadi dosen ente, jangan harap bisa berdiri dari kursi ujian meja sebelum mencret.

dan yang separah dibawah ini
FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU DI SMA KRISTEN ELIM MAKASSAR TAHUN 2008
Nah, apalagi contoh judul seperti ini, bushet dah. nih yang mau diteliti apanya ? apa bisa seorang meneliti seluruh variable perilaku yang ada di SMA tersebut dan lagi-lagi apa kaitannya perlaku-perilaku tersebut dengan kesehatan ? Bayangin aja kalo salah satu variabel perilakunya adalah "perilaku berlajar siswa" ...hubungannya dengan kesehatan secara kongkrit seperti apa ?

Dan satu lagi nih judul yang terlalu spesifik
FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA PRIA DI SMA KRISTEN ELIM MAKASSAR TAHUN 2008
Kenapa hal ini bisa dikatakan terlalu spesifik ? Bukankan detilnya bagus dan mudah dilakukan, Jawabannya adalah justru karena kemudahannya yang terlalu tersebut membuat judul seperti ini terkesan tidak akurat karena dianggap tidak dapat mewakili remaja dan adalah judul skripsi ini sifatnya "ceteng".
Coba simak "PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA PRIA"....kata "pria"  membuat skripsi ini tidak dapat mewakili remaja, karena remaja tidak hanya berorientasi pada jenis kelamin pria dan juga bahwasanya perilaku merokok ini tidak hanya terjadi pada pria saja. Yang jelas bahwa dalam penelitian, jangan pernah melakukan diskriminasi gender karena hal itu tidak diperkenankan.

Jadi kesimpulannya adalah
  • Ikuti trik dalam membuat judul sepertiyang tertuang diatas
  • Variabel yang menjadi acuan penelitian haruslah sesuai dengan keadaan yang ada dan mampu mewakili permasalahan, issue, trend yang ada
  • Yang terpenting bahwa judul haruslah spesifik mungkin namun tidak terlalu simple (nanti ente dikirain peniliti ceteng). Judul yang spesifik bertujuan untuk memudahkan menganalisa variabel.
Yang terakhir, SEMOGA SUKSES AJA DEH.... :-)


Pembahasan selanjutnya adalah cara/trik dalam membuat kerangka konsep. 

2 komentar:

  1. gan mau tanya kalau judul " hubungan tingkat motivasi dan dukugan keluarga terhadap kepatuhan berobat lansia dengan hipertensi di keluraha X " bagaimana gan? mohon arahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. judulnya dah mantaaaaaaap...cuma mo ngasih ingat aja bahwa yang mo di ukur dengan judul ini adalah "motivasi dan dukungan (support)" VS "kepatuhan berobat lansia"...hanya ingin melihat apakah mereka patuh ato tidak, seberapa besar tingkat kepatuhannya dengan adanya motivasi n dukungan ato sebaliknya,...

      dan ingat dari judul agan tidak ada unsur melihat tingkat keberhasilan penanganan hipertensi terhadap lansia yg agan teliti..

      salam..semoga sukses...judul perfect

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan agan-agan di webblog ini. Bila ada masalah download, segera laporkan secara terperinci dan juga bila ada unek2 yang mau ditanyakan silahkan berkomentar dengan baik. Semua koment akan dibalas sesegara mungkin selama pulsa ane buat OL masih ada. "UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN, SEBGAI BLOGGER DIHARAPKAN JANGAN MENGHAPUS KOMENT SENDIRI YANG SUDAH ADA, JIKA TIDAK KOMIT DENGAN INI...PERTANYAAN BERIKUTNYA TIDAK AKAN DILAYANI.

Tag

Pemijatan bayi bulan penerapan bedside teaching mutu perbandingan persepsi pasien jps pengetahuan sikap perawat strategi pengaruh orientasi terhadap tingkat antara beban kerja efektifitas teknik pelaksanaan prosedur tetap dengan hubungan petugas pemberian cognitive support abstrak studi perbandingan persepsi kepuasan tentang bodi image pada relaksasi benson correlation attitude of pregnant in Mardiatun analysis of relation between prestation konseling keluarga gangguan diri pada pengetahuan sikap analyze correlation knowledge hubungan dukungan keluarga penyuluhan pre operasi kontrasepsi faktor-faktor pendidikan kesehatan gambaran klien yang analisis interpretasi kadar gds glukosa mekanisme koping pada perbedaan efek kompres survey hemoglobin lansia berdasarkan dalam derajat cacat kusta kekuatan otot penderita inisiasi relaksasi kepatuhan melaksanakan kualitatif konsep dan perilaku indeks prestasi lulusan terapi aktivitas kelompok tak body bidan karakteristik ibu pelatihan asuhan