Kumpulan Skripsi S1 Keperawatan: Cara Bikin Bab II. Tinjauan Materi/Pustaka
Sebelum anda melakukan download full teks terhadap semua skripsi dalam webblog ini maka sebaiknya anda membaca PRIVACI/WARNING dari kami

New* Proposal Lelang Rp. 500 Rb (Nego)>>> "Hubungan Penggunaagn Kontrasepsi PIL KB Hormonal dengan Libido pada Wanita Usia Subur" >>> Selengkapnya DISINI

New* Proposal lelang Rp. 500 Rb (Nego). >>> Hubungan Kafein Yang Terkandung Dalam Kopi Atau Teh Dengan Tingkat Kesuburan Pada Wanita Dari Pasangan Usia Produktif. read more ......

C A U T I O N !!!
Untuk membaca setiap url postingan dalam webblog ini, agan-agan akan di arahkan ke url adf.ly.com selama 5 detik, dan untuk melanjutkan membaca artikelnya maka tinggal klik "SKIP AD" yang berada pada pojok kanan atas dan agan akan diarahkan langsung ke url postingan yang mau dituju.

Hai rekan-rekan sekalian yang lagi sementara menyusun sebuah skripsi dan bagi mereka yang mencari literature buat makalah atau apapun itu yang menyebabkan hal ini menjadi kebutuhan anda, disini kami mencoba memberikan sebuah refensi yang bisa mendukung kegiatan anda tersebut. Harapan kami adalah kebutuhan akan sebuah referensi anda bisa temukan disini. Kami hadir hanyalah semata untuk berbagi ilmu, sebab kami sadari bahwa ilmu hanya bisa berguna bila bisa bermanfaat bagi khalayak namun kamipun tidak mendukung kegiatan plagiat dan olehnya itu bila anda melakukan hal tersebut maka konsekuensi dan tanggung jawab moral tentunya juga berada ditangan anda.

Kesalahan terbanyak yang paling banyak dilakukan oleh rekan-rekan ketika mencari sebuah referensi adalah ketika telah menemukan referensi yang dicarinya, maka tidak segan-segan melakukan kegiatan plagiat (mengkopi seluruh isi pustaka/buku) tanpa sudi membahasakan dalam bentuk bahasa dan pemahaman yang ditangkapnya dari referensi tersebut. Oleh itu kami sekali lagi tidak mendukung kegiatan tersebut

Dan kunci sukses dalam menyelesaikan sebuah skripsi adalah kerja keras. Tanpa kerja keras hasil yang anda peroleh pun juga nol. Mau atau tidak, hanya merekalah yang gemar bekerja akan mendapat hasil.

Rekan-rekan sekalian, disinipun kami tidak hanya sekedar memberikan referensi buat anda namun kamipun akan berusaha membantu anda dalam menyelesaikan skripsi, kami pun berharap mudah-mudahan pengunjung blog ini adalah mereka yang mau belajar dan bekerja.

Jumat, 07 Desember 2012

Cara Bikin Bab II. Tinjauan Materi/Pustaka

Setelah membahas pendek lebar tentang bagaimana cara membuat judul skripsi dan triknya, bagamaina cara membuat kerangka konsep, kemudian lanjut pada cara bagaimana cara membuat Bab I. sebagai Pendahuluan yang diambil dari judul penelitian
Maka kali ini akan dibahas bagaimana cara membuat Bab II. Tinjauan Materi/Pustaka. Sebagaimana yang kita pahami bersama bahwa dalam Bab. II itu sendiri, semua isi dari narasi yang berjalan adalah merupakan konsep teori yang diambil dari literature baik dari buku, media online, majalah, surat kabar, atau dari sumber penelitian lain yang serupa, dll. Kesemua sumber literatur bisa dimanfaatkan sebagai tinjauan pustakan dalam Bab. II ini, asalkan semua literatur tersebut merupakan sumber data yang validitasnya tidak bisa diragukan.

Ok..selanjutnya kita langsung masuk tentang bagaimana cara menyiasati agar tidak tersesat dalam membuat tinajauan pustaka ini, agar tinjauan pustaka yang dibuat tidak terlalu lebar dan akhirnya menyimpang dari apa yang akan kita teliti. Adapun triknya adalah sebagai berikut ;
  1. Sobat harus mencari literatur berdasarkan kerangka konsep yang sebelumnya telah dibuat, misalnya dari judul penelitian ;
     
    "Gambaran/Studi Analisa/Hubungan Perokok Dengan PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik) Pada RS/Puskesmas/Kantor/Lembaga X di Kecamatan X Kab. X Pada Tahun 20XX

    dimana kerangka konsepnya adalah sebagai berikut ;
    Maka sobat harus mencari sumber literatur yang semuanya berkaitan dengan ; 
    Rokok, mulai dari defenisi rokok, kandungan yang terkandung didalamnya dam menjelaskan efek yang ditimbulkan dari setiap/beberapa kandunggannya, spesfikasi dari rokok, jumlah produksi pertahun, sejumlah masalah yang ditimbulkan akibat rokok dll. Semua sumber liatruter bisa berupa data atau teoritis yang bisa diambil dari dan atau luar negeri atau keduanya.
     
    Perokok aktif dan pasif, leiteratur yang dicari bisa berupa defenisi, pemahaman si perokok tentang akibat kegiatan merokok, jumlah batang rokok yang habis dalam sehari, lamanya merokok, lamanya terpapar asap rokok, masalah kesehatan yang ditimbulkan baik diri sendiri dan orang lain disekitarnya, korban yang meninggal akibat rokok dll. Semua sumber data yang berkaitan dengan kegiatan perokok harus tertuang dan kesemua seumber data itu juga bisa menggunakan sumber literatur dari luar negeri. Bahkan lebih sempurna jika menggunakan sumber data yang membanding antar sumber litarature dari luar dengan data dalam negeri.
    Hal tyang paling hebat lagi adalah  jika menemukan data yang ahanya menyajikan angka kejadian yang kemuadian agan mamapu mengakaitkannya dengan sumber teoritis, namun tentunya sumber teoritis ini harus jelas dan validitas.
     
    Kemudian mengenai PPOK, sobat juga harus mencari berbagai literature  tentanng PPOK, baik defenisi PPOK s/d perawatan dan pengobatannya, jumlah yang  menderita PPOK dalm setahun, mobiditas PPOK, dan kaitan perokok dengan PPOK.

    Sedangkan Non PPOK, agan harus mencari semua jenis penyakit yang bukan PPOK yang disinyalir sebagai akibat dari kegiatan merokok dan mendefenisikannya secara singkat dan sederhana dan harus menyajikan data jumlah kejadian penyakit itu akibat merokok (misalnya PJK, ISPA, Kanker, Kelainan Janin,dll), total jumlah penderita Non PPOK akibat merokok, kematian/morbiditas, dll, Sumber data yang bisa digunakan bisa dari dan atau dalam negeri.
  2. Dalam membuat tinjauan pustaka ini, sekali lagi dijelaskan bahwa pada dasarnya harus mengacu pada lerangka konsep, apa yang tertuang di kerangka konsep maka itulah target buaruan kita untuk mencari sumber litaraturenya, selebihnya ga perlu dan ga penting. Kenapa ?, karena kerangka konsep merupakan panduan, rule, dan objek target yang akan dietiliti yang harus mampu dijelaskan dan diperkenalkan sebelum diteliti.
  3. Olehnya itu jika dalam membuat kerangka konsep dan dirasakan tidak mampu untuk mencari sumber literaturnya, maka sebaiknya agan ganti penelitian saja (ini berarti ganti judul penelitian atau merubahnya)
  4. Adapun susuna Bab II. Tinajau Pustaka berdasarkan kerangka konsep diatas bisa dicontohkan sebagai berikut ;
    (Contoh....)
    Bab. II. Tinajau Pustaka

    A. Rokok
         A.1. Defenisi
         A.2. Jenis Rokok
         A.3. Kandungan Rokok
        A.4. Demografi (didalamnya bisa bercerita tentang polemik rokok, Kebijakan pemerintah tentang rokok, dll)
     B. Perokok
         B.1. Perokok Aktif
                B.1.1. Defenisi
                B.1.1. Pemahaman Masyarakat tentang Rokok
               B.1.1. Demografi (bisa berisa narasi tentang lama aktif merokok, usia mulai merokok, jumlah yag habiskan dalam sehari, dll)
          B.2. Perokok Pasif
                 B.2.1. Defenisi
                 B.2.1. Paparan 
                 B.2.1. dll
     C. PPOK (Penyakit Paru Obstruksi Kronik)
          C.1. Defenisi
          C.2. Klasifikasi
          C.3. Perawatan dan Pengobatan
          C.4. Morbiditas
          C.5. Hubungan merokok dengan PPOK
          C.6.dll
      D. Non PPOK (Selain Penyakit Paru Obstruksi Kronik)
          C.1. Defenisi
          C.2. Klasifikasi
          C.3. Morbiditas Non PPOK akibat merokok
          C.4. Hubungan merokok dengan Non PPOK (PJK, ISPA, Kelainan Janin, dll

Demikin penjelasan singkat yang dapat dijelaskan, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan agan-agan di webblog ini. Bila ada masalah download, segera laporkan secara terperinci dan juga bila ada unek2 yang mau ditanyakan silahkan berkomentar dengan baik. Semua koment akan dibalas sesegara mungkin selama pulsa ane buat OL masih ada. "UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN, SEBGAI BLOGGER DIHARAPKAN JANGAN MENGHAPUS KOMENT SENDIRI YANG SUDAH ADA, JIKA TIDAK KOMIT DENGAN INI...PERTANYAAN BERIKUTNYA TIDAK AKAN DILAYANI.

Tag

Pemijatan bayi bulan penerapan bedside teaching mutu perbandingan persepsi pasien jps pengetahuan sikap perawat strategi pengaruh orientasi terhadap tingkat antara beban kerja efektifitas teknik pelaksanaan prosedur tetap dengan hubungan petugas pemberian cognitive support abstrak studi perbandingan persepsi kepuasan tentang bodi image pada relaksasi benson correlation attitude of pregnant in Mardiatun analysis of relation between prestation konseling keluarga gangguan diri pada pengetahuan sikap analyze correlation knowledge hubungan dukungan keluarga penyuluhan pre operasi kontrasepsi faktor-faktor pendidikan kesehatan gambaran klien yang analisis interpretasi kadar gds glukosa mekanisme koping pada perbedaan efek kompres survey hemoglobin lansia berdasarkan dalam derajat cacat kusta kekuatan otot penderita inisiasi relaksasi kepatuhan melaksanakan kualitatif konsep dan perilaku indeks prestasi lulusan terapi aktivitas kelompok tak body bidan karakteristik ibu pelatihan asuhan