Bentuk penelitian yang sering digunakan dalam program studi keperawatan memiliki beberapa ragam. Dan untuk memahami itu mari kita simak pembahasannya lebih lanjut. 
Penelitian merupakan salah satu penunjang dalam perkembangan ilmu 
pengetahuan, tanpa adanya penelitian ilmu pengetahuan tidak akan 
bertambah maju. Ada tiga syarat penting yang harus diperhatikan dalam 
melakukan penelitian, yaitu:
1.  Sistematis, artinya dilaksanakan menurut pola 
tertentu dari yang paling sederhana sampai kompleks hingga tercapai 
tujuan secara efektif dan efisien.
2.  Berencana, artinya dilaksanakan dengan adanya unsur kesengajaan dan sebelumnya sudah dipikirkan langkah-langkah pelaksanaannya.
3.  Mengikuti konsep ilmiah, artinya mulai awal 
sampai akhir kegiatan penelitian mengikuti cara-cara yang sudah 
ditentukan, yaitu prinsip yang digunakan untuk memperoleh ilmu 
pengetahuan.
Macam-macam Metode Penelitian
Dalam melakukan penelitian, orang dapat menggunakan berbagai macam 
metode. Keputusan mengenai metode yang akan dipakai akan tergantung 
kepada tujuan, pendekatan, bidang ilmu, tempat, sifat masalah yang 
digarap dan alternatif yang mungkin digunakan.
1.  Penelitian Ditinjau dari Tujuan
a.  Penelitian Eksploratif
Digunakan apabila peneliti ingin menggali secara luas tentang sebab akibat atau hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu.
b.  Penelitian Developmental
Dilakukan percobaan dan penyempurnaan.
c. Penelitian Verifikatif
Bertujuan untuk mengecek kebenaran hasil penelitian lain.
2. Penelitian Ditinjau dari Pendekatan
a.  Pendekatan Longitudinal
Pada metode ini, sample subjek yang sama 
dipelajari dalam waktu tertentu. Metode ini memungkinkan adanya 
penyelidikan intensif terhadap individu karena peneliti menyimpulkan 
data tentang subjek yang sama pada berbagai tingkatan. Kelemahan metode 
ini, antara lain:
1)  Menuntut adanya komitmen dari 
individu atau lembaga yang bersedia menyediakan waktu, uang dan sumber 
daya lainnya selama beberapa tahun.
2)  Jika dampel yang dipilih jelek, tak ada yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya.
3)  Tidak dapat menambah variabel baru.
4)  Sulitnya mempertahankan kerjasama subjek dalam waktu yang lama.
b.  Pendekatan Cross-sctional
Metode ini meliputi lebih banyak subjek, 
tetapi mencandra faktor-faktor pertumbuhan yang lebih sedikit. Kelemahan
 dari metode ini adalah:
1)  Perbedaan yang ada pada sampel-sampel  dapat membuat penyidikan ini sangat luas.
2)  Kemungkinan adanya variabel luar yang telah menimbulkan perbedaan diantara populasi-populasi yang ditarik sampelnya.
3. Penelitian Ditinjau dari Sifat Masalahnya
Berdasarkan sifat-sifat masalahnya, metode penelitian dapat digolongkan menjadi sembilan, dapat dilihat pada tabel berikut:
Metode Penelitian 
 | 
Tujuan 
 | 
Ciri-ciri 
 | 
Langkah-langkah  
Pokok 
 | 
| Penelitian Historis | 
Membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan 
objektif   dengan cara mengumpulkan, mengevaluasi, memverifikasi serta 
mensistensikan   bukti-bukti untuk menegakkan fakta. 
 | 
- Lebih  tergantung pada data   yang diobservasi orang lain.
 
- Harus tertib, ketat, sistematis dan tuntas.
 
- Menggunakan data primer dan sekunder.
 
- Dilakukan kritik eksternal dan internal untuk menentukan bobot   data.
 
- Mirip penelaahan kepustakaan
 
- Definisikan masalah
 
- Rumuskan tujuan penelitian
 
- Kumpulkan data
 
- Evaluasi data
 
- Tuliskan laporan
 
 
 | 
  | 
| Penelitian Deskriptif | 
Membuat pencandraan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai   fakta-fakta dan sifat-sifat populasi. 
 | 
- Tidak perlu mencari hubungan, menguji hipotesis dan membuat   ramalan
 
- Mencari informasi tentang gejala yang ada 
 
- Definisikan dengan jelas tujuan yang akan dicapai
 
- Rencanakan cara pendekatannya
 
- Kumpulkan data
 
- Laporan
 
 
 | 
  | 
| Penelitian Perkembangan | 
Untuk menyelidiki pola dan perurutan pertumbuhan dan atau   perubahan sebagai fungsi waktu 
 | 
- Memusatkan pada studi mengenai variabel-variabeldan   perkembangannya selama beberapa bulan atau tahun
 
- Definisikan masalahnya
 
- Lakukan penelaahan kepustakaan
 
- Rancangan cara pendekatan
 
- Kumpulkan data
 
- Evaluasi data yang terkumpul
 
- Susun laporan mengenai evaluasi itu
 
 
 | 
  | 
| Penelitian Kasus dan Penelitian Lapangan | 
Untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan   sekarang dan interaksi lingkungan sesuatu unit sosial. 
 | 
- Penelitian mendalam mengenai unit sosial yang hasilnya merupakan   gambaran lengkap tentang unit tersebut
 
- Meneliti jumlah unit yang kecil tetapi mengenai variabel-variabel   dan kondisi yang besar jumlahnya
 
 
  
 | 
- Rumuskan tujuan yang akan dicapai
 
- Rancangan cara pendekatannya
 
- Kumpulkan data
 
- Organisasikan data dan informasi menjadi unit studi yang koheren
 
- Susun laporan
 
 
 | 
| Penelitian korelasional | 
Untuk mendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada suatu 
faktor   berkaitan dengan variasi-variasi pada satu atau lebih faktor 
lain berdasarkan   pada koefisien korelasi 
 | 
- Dilakukan untuk variabel yang diteliti rumit
 
- Memungkinkan pengukuran beberapa variabel dan saling hubungannya   secara serentak
 
- Apa yang diperoleh adalah taraf atau tinggi rendahnya hubungan   atau tidak adanya hubungan.
 
- Definisikan masalah
 
- Lakukan penelaahan kepustakaan
 
- Rancang cara pendekatannya
 
- Kumpulkan data
 
- Analisis data
 
- Tuliskan laporannya
 
 
 | 
  | 
| Penelitian Kausal-Komparatif | 
Untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat 
dengan cara   berdasar atas pengamatan terhadap akibat yang ada mencari 
kembali faktor yang   mungkin menjadi penyebab melalui data tertentu 
 | 
- Bersifat ex post facto, artinya data dikumpulkan setelah semua   kejadian yang dipersoalkan berlangsung
 
- Definisikan masalah
 
- Lakukan penelaahan
 
 
 | 
kepustakaan 
- Rumuskan hipotesis
 
- Rumuskan asumsi yang mendasari hipotesis
 
- Rancang cara pendekatannya
 
- Validasikan teknik untuk mengumpulkan data dan interpretasikan   dalam cara yang jelas dan cermat
 
- Kumpulkan dan analisis data
 
- Susun laporannya
 
 
 | 
| Penelitian Eksperimental-Sungguhan | 
Untuk menyelidiki kemungkinan saling hubungan sebab 
akibat dengan   cara mengenalkan kepada satu atau lebih kelompok 
eksperimental satu atau   lebih kondisi perlakuan dan memperbandingkan 
hasilnya dengan satu atau lebih   kelompokn kontrol yang tidak dikenai 
kondisi perlakuan 
 | 
- Memusatkan usaha pada pengontrolan varians
 
- Tujuannya untuk internal dan eksternal validity
 
- Lakukan survei kepustakaan
 
- Identifikasi dan definisi masalah
 
- Rumuskan hipotesis
 
- Definisikan pengertian dasar dan variabel utama
 
- Susun rencana eksperimen
 
- Laksanakan eksprimen
 
- Atur data kasar
 
- Terapkan test signifikasi
 
- Buat interpretasi mengenai hasil testing dan susun laporannya.
 
 
 | 
  | 
| Penelitian Eksperimental Semu | 
Untuk memperoleh informasi yang merupakan perkiraan bagi
 informasi   yang merupakan perkiraan bagi informasi yang diperoleh 
dengan eksperimen yang   sebenarnya dalam keadaan yang tidak 
memungkinkan untuk mengontrol dan atau   memanipulasi semua variabel 
yang relevan. 
 | 
- Secara khas mengenai keadaan praktis
 
- Mempunyai perbedaan yang kecil dengan penelitian eksperimen   sungguhan
 
- Sama dengan penelitian eksperimen sungguhan
 
 
 | 
  | 
| Penelitian Tindakan | 
Mengembangkan keterampilan-keterampilan baru atau cara 
pendekatan   baru dan untuk memecahkan masalah dengan penerapan langsung
 didunia kerja 
 | 
- Praktis dan relevan untuk situasi aktual dalam dunia kerja
 
- Menyediakan rangka kerja yang teratur untuk pemecahan masalah dan   perkembangan-perkembangan baru
 
- Fleksibel dan adaptif
 
- Definisikan masalah
 
- Lakukan penelaahan kepustakaan
 
- Rumusan hipotesis atau strategi pendekatan
 
- Aturlah research setting
 
- Tentukan kriteria evaluasi
 
- Analisis data yang terkumpul
 
- Tuliskan laporan 
 
 
 | 
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih atas kunjungan agan-agan di webblog ini. Bila ada masalah download, segera laporkan secara terperinci dan juga bila ada unek2 yang mau ditanyakan silahkan berkomentar dengan baik. Semua koment akan dibalas sesegara mungkin selama pulsa ane buat OL masih ada. "UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN, SEBGAI BLOGGER DIHARAPKAN JANGAN MENGHAPUS KOMENT SENDIRI YANG SUDAH ADA, JIKA TIDAK KOMIT DENGAN INI...PERTANYAAN BERIKUTNYA TIDAK AKAN DILAYANI.