GAMBARAN KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG LONTARA II RSUP DR WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR
TAHUN 2010
Program Studi Ilmu Keperawata Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin
OLEH:
INE MEKA SILMETI RENELDIS
PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
FAKULTAS KEDOKTERAN
UNIVERSITAS HASANUDDIN
MAKASSAR
2010
Ine Meka Silmeti Reneldis, “Gambaran Kepuasan Pasien Berdasarkan Komunikasi Terapeutik Perawat Dalam Memberikan Pelayanan Keperawatan di Ruang Lontara II RSUP DR Wahidin Sudirohusodo Makassar” dibimbing oleh Ariyanti Saleh dan Arnis Puspita R (x + 41 halaman + 2 tabel + 5 lampiran)
Komunikasi merupakan proses yang sangat khusus dan berarti dalam hubungan antar manusia. Komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang direncanakan secara sadar, bertujuan dan kegiatannya dipusatkan untuk kesembuhan pasien. Komunikasi menjadi tidak efektif karena kesalahan dalam menafsirkan pesan yang diterimanya. Jika kesalahan penerimaaan pesan terus-menerus berlanjut dapat berakibat pada ketidak puasan baik dari pasien maupun tenaga kesehatan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien berdasarkan komunikasi terapeutik perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan di Ruang Lontara II RSUP DR Wahidin Sudirohusodo Makassar.
Desain penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan cara memberikan kuesioner untuk mengetahui gambaran tentang kepuasan pasien berdasarkan komunikasi terapeutik perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan di Ruang Lontara II RSUP DR Wahidin Sudirohusodo Makassar.. Penelitian dilakukan selama 4 minggu selama bulan November sampai Desember 2009. Jumlah responden dalam penelitan ini adalah 50 responden.
Hasil dari penelitian ini didapatkan tingkat kepuasan pasien terhadap komunikasi terapeutik perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan di Ruang Lontara II RSUP DR Wahidin Sudirohusodo Makassar menunjukkan bahwa sebagian besar responden telah puas dengan komunikasi terapeutik perawat (66%). Tingkat kepuasan responden yang bekerja sebanyak 56,0% dan tidak bekerja sebanyak 76,0%. Tingkat kepuasan yang pendidikannya Perguruan Tinggi 38,9%, sedangkan tingkat kepuasan responden yang pendidikannya SMP sebanyak 100%. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa sebagian besar pasien yang dirawat di Ruang Lontara II RSUP DR Wahidin Sudirohusodo Makassar, merasa puas dengan komunikasi terapeutik perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan.
Saran dari hasil penelitian ini diharapkan kepada perawat pelaksana untuk memperhatikan komunikasi terapeutik dalam melakukan interaksi dengan pasien untuk meningkatkan kepuasan pasien, kepada pihak rumah sakit untuk terus memberikan pendidikan dan pelatihan kepada perawat terkait penerapan komunikasi terapeutik di tiap pelayanan keperawatan, dan bagi peneliti selanjutnya perlu melakukan penelitian dengan menggunakan metode yang lain dan memiliki sampel yang lebih banyak dan lebih luas sehingga validitas dapat dijamin.
Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Komunikasi Terapeutik, Pelayanan Keperawatan.
Kepustakaan : 16 (2001 – 2009)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih atas kunjungan agan-agan di webblog ini. Bila ada masalah download, segera laporkan secara terperinci dan juga bila ada unek2 yang mau ditanyakan silahkan berkomentar dengan baik. Semua koment akan dibalas sesegara mungkin selama pulsa ane buat OL masih ada. "UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN, SEBGAI BLOGGER DIHARAPKAN JANGAN MENGHAPUS KOMENT SENDIRI YANG SUDAH ADA, JIKA TIDAK KOMIT DENGAN INI...PERTANYAAN BERIKUTNYA TIDAK AKAN DILAYANI.