Kumpulan Skripsi S1 Keperawatan: GAMBARAN KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG LONTARA II RSUP DR WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR TAHUN 2010
Sebelum anda melakukan download full teks terhadap semua skripsi dalam webblog ini maka sebaiknya anda membaca PRIVACI/WARNING dari kami

New* Proposal Lelang Rp. 500 Rb (Nego)>>> "Hubungan Penggunaagn Kontrasepsi PIL KB Hormonal dengan Libido pada Wanita Usia Subur" >>> Selengkapnya DISINI

New* Proposal lelang Rp. 500 Rb (Nego). >>> Hubungan Kafein Yang Terkandung Dalam Kopi Atau Teh Dengan Tingkat Kesuburan Pada Wanita Dari Pasangan Usia Produktif. read more ......

C A U T I O N !!!
Untuk membaca setiap url postingan dalam webblog ini, agan-agan akan di arahkan ke url adf.ly.com selama 5 detik, dan untuk melanjutkan membaca artikelnya maka tinggal klik "SKIP AD" yang berada pada pojok kanan atas dan agan akan diarahkan langsung ke url postingan yang mau dituju.

Hai rekan-rekan sekalian yang lagi sementara menyusun sebuah skripsi dan bagi mereka yang mencari literature buat makalah atau apapun itu yang menyebabkan hal ini menjadi kebutuhan anda, disini kami mencoba memberikan sebuah refensi yang bisa mendukung kegiatan anda tersebut. Harapan kami adalah kebutuhan akan sebuah referensi anda bisa temukan disini. Kami hadir hanyalah semata untuk berbagi ilmu, sebab kami sadari bahwa ilmu hanya bisa berguna bila bisa bermanfaat bagi khalayak namun kamipun tidak mendukung kegiatan plagiat dan olehnya itu bila anda melakukan hal tersebut maka konsekuensi dan tanggung jawab moral tentunya juga berada ditangan anda.

Kesalahan terbanyak yang paling banyak dilakukan oleh rekan-rekan ketika mencari sebuah referensi adalah ketika telah menemukan referensi yang dicarinya, maka tidak segan-segan melakukan kegiatan plagiat (mengkopi seluruh isi pustaka/buku) tanpa sudi membahasakan dalam bentuk bahasa dan pemahaman yang ditangkapnya dari referensi tersebut. Oleh itu kami sekali lagi tidak mendukung kegiatan tersebut

Dan kunci sukses dalam menyelesaikan sebuah skripsi adalah kerja keras. Tanpa kerja keras hasil yang anda peroleh pun juga nol. Mau atau tidak, hanya merekalah yang gemar bekerja akan mendapat hasil.

Rekan-rekan sekalian, disinipun kami tidak hanya sekedar memberikan referensi buat anda namun kamipun akan berusaha membantu anda dalam menyelesaikan skripsi, kami pun berharap mudah-mudahan pengunjung blog ini adalah mereka yang mau belajar dan bekerja.

===============================================0000000000===============================================

Telah kami buka belajar bareng buat judul skripsi dengan metode rumus OPPOPP (Objek, Predikat, Predikat, Objek, Predikat, Predikat)...simak videonya di chanel kami ( https://youtu.be/iAshAScLmLM ) dan silahkan join di gruop telegram kami di https://t.me/joinchat/OjukuRpTYuHLDrmj58MSwQ

Rabu, 05 Januari 2011

GAMBARAN KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG LONTARA II RSUP DR WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR TAHUN 2010

SKRIPSI

GAMBARAN KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG LONTARA II RSUP DR WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR
TAHUN 2010
Diajukan Sebagai Syarat Menyelesaikan Pendidikan S1 Keperawatan pada
Program Studi Ilmu Keperawata Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

OLEH:

INE MEKA SILMETI RENELDIS

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
FAKULTAS KEDOKTERAN
UNIVERSITAS HASANUDDIN
MAKASSAR
2010


===============================================


ABSTRAK

Ine Meka Silmeti Reneldis, “Gambaran Kepuasan Pasien Berdasarkan   Komunikasi Terapeutik Perawat Dalam Memberikan Pelayanan Keperawatan di Ruang Lontara II RSUP DR Wahidin Sudirohusodo Makassar” dibimbing oleh Ariyanti Saleh dan Arnis Puspita R (x + 41 halaman + 2 tabel + 5 lampiran)

Komunikasi merupakan proses yang sangat khusus dan berarti dalam hubungan antar manusia. Komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang direncanakan secara sadar, bertujuan dan kegiatannya dipusatkan untuk kesembuhan pasien. Komunikasi  menjadi tidak efektif karena kesalahan dalam menafsirkan pesan yang diterimanya. Jika kesalahan penerimaaan pesan terus-menerus berlanjut dapat berakibat pada ketidak puasan baik dari pasien maupun tenaga kesehatan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien berdasarkan komunikasi terapeutik perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan di Ruang Lontara II RSUP DR Wahidin Sudirohusodo Makassar.

Desain penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan cara memberikan kuesioner untuk mengetahui gambaran tentang kepuasan pasien berdasarkan komunikasi terapeutik perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan di Ruang Lontara II RSUP DR Wahidin Sudirohusodo Makassar.. Penelitian dilakukan selama 4 minggu selama bulan November sampai Desember 2009. Jumlah responden dalam penelitan ini adalah 50 responden.

Hasil dari penelitian ini didapatkan tingkat kepuasan pasien terhadap komunikasi terapeutik perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan di Ruang Lontara II RSUP DR Wahidin Sudirohusodo Makassar menunjukkan bahwa sebagian besar responden telah puas dengan komunikasi terapeutik perawat (66%). Tingkat kepuasan responden yang bekerja sebanyak 56,0% dan tidak bekerja sebanyak 76,0%. Tingkat kepuasan yang pendidikannya Perguruan Tinggi 38,9%, sedangkan tingkat kepuasan responden yang pendidikannya SMP sebanyak 100%. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa sebagian besar pasien yang dirawat di Ruang Lontara II RSUP DR Wahidin Sudirohusodo Makassar, merasa puas dengan komunikasi terapeutik perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan.

Saran dari hasil penelitian ini diharapkan kepada perawat pelaksana untuk memperhatikan komunikasi terapeutik dalam melakukan interaksi dengan pasien untuk meningkatkan kepuasan pasien, kepada pihak rumah sakit untuk terus memberikan pendidikan dan pelatihan kepada perawat terkait penerapan komunikasi terapeutik di tiap pelayanan keperawatan, dan bagi peneliti selanjutnya perlu melakukan penelitian dengan menggunakan metode yang lain dan memiliki sampel yang lebih banyak dan lebih luas sehingga validitas dapat dijamin.

Kata Kunci : Kepuasan   Pasien, Komunikasi Terapeutik, Pelayanan Keperawatan.
Kepustakaan : 16 (2001 – 2009)

Full Teks >> Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan agan-agan di webblog ini. Bila ada masalah download, segera laporkan secara terperinci dan juga bila ada unek2 yang mau ditanyakan silahkan berkomentar dengan baik. Semua koment akan dibalas sesegara mungkin selama pulsa ane buat OL masih ada. "UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN, SEBGAI BLOGGER DIHARAPKAN JANGAN MENGHAPUS KOMENT SENDIRI YANG SUDAH ADA, JIKA TIDAK KOMIT DENGAN INI...PERTANYAAN BERIKUTNYA TIDAK AKAN DILAYANI.

Tag

Pemijatan bayi bulan penerapan bedside teaching mutu perbandingan persepsi pasien jps pengetahuan sikap perawat strategi pengaruh orientasi terhadap tingkat antara beban kerja efektifitas teknik pelaksanaan prosedur tetap dengan hubungan petugas pemberian cognitive support abstrak studi perbandingan persepsi kepuasan tentang bodi image pada relaksasi benson correlation attitude of pregnant in Mardiatun analysis of relation between prestation konseling keluarga gangguan diri pada pengetahuan sikap analyze correlation knowledge hubungan dukungan keluarga penyuluhan pre operasi kontrasepsi faktor-faktor pendidikan kesehatan gambaran klien yang analisis interpretasi kadar gds glukosa mekanisme koping pada perbedaan efek kompres survey hemoglobin lansia berdasarkan dalam derajat cacat kusta kekuatan otot penderita inisiasi relaksasi kepatuhan melaksanakan kualitatif konsep dan perilaku indeks prestasi lulusan terapi aktivitas kelompok tak body bidan karakteristik ibu pelatihan asuhan